Pembayaran Online Mengurangi Interaksi Antar Manusia

Saya yaitu tipe orang yang bahagia melaksanakan pembayaran tagihan secara online. Mungkin alasannya yaitu saya malas kalau harus berangkat mendatangi loket pembayaran dan mengantri di sana. Bahkan untuk pengisian pulsa pun saya lebih suka melakukannya sendiri.

Bulan ini saya melaksanakan pembayaran tagihan PDAM memakai BNI internet banking. Tidak lupa saya menengok besaran tagihan air di rumah mama saya. Sebenarnya saya dapat saja eksklusif membayarkan tagihan air punya mama, tapi saya tidak melakukannya.

 Saya yaitu tipe orang yang bahagia melaksanakan pembayaran tagihan secara online Pembayaran Online Mengurangi Interaksi Antar Manusia

Apakah saya terlalu pelit untuk membayarkan tagihan PDAM punya Mama? Tidak, di sini alasannya bukanlah demikian.

Berbeda dengan saya, Mama lebih suka bayar tagihan dengan mendatangi loket pembayarannya langsung. Dengan ini mama mempunyai alasan untuk tiba ke sana dan bersosialisasi dengan orang-orang yang ada disana.

Kebetulan, loket pembayaran yang bersahabat dengan pasar kecamatan. Mama biasanya hanya jalan kaki kalau pergi ke pasar yang lokasinya memang tidak jauh dari rumah.

Tidak sama dengan di kota yang penuh dengan individualisme, orang di desa cenderung saling mengenal. Misalnya siapa nama penjaga loket PDAM dan di mana rumahnya. Karena intinya kami tinggal di wilayah yang sama.

Membayar tagihan menjadi salah satu bentuk interaksi sosial di mana orang saling bertegur sapa. Lagi pula, antriannya juga tidaklah panjang. Biasanya hanya ada beberapa orang lain yang tiba pada waktu bersamaan.

Meskipun begitu, saya juga tidak dapat mengikuti cara Mama yang suka berinteraksi di pasar ataupun loket pembayaran. Karena saya harus bekerja pada hari kerja, maka saya lebih suka melaksanakan pembayaran secara online.

Setidaknya saya tidak ingin memutus rutinitas Mama tersebut. Biarlah dia bayar tagihan air sendiri dengan tiba ke loket. Maka interaksi sosial yang dia lakukan pun terus berlanjut.

Bagaimana dengan Anda? Di mana Anda membayar tagihan?

Post a Comment

0 Comments

close