Cara Mengetahui Nik Dan Nomor Kk Pada Kartu Keluarga

Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) ketika ini menjadi populer sekali. Hal ini sehubungan dengan peraturan gres kewajiban daftar ulang kartu SIM prabayar memakai NIK dan Nomor KK.

Topik ini pun menjadi pembicaraan yang seru antara aku dan teman-teman di kawasan kerja. Ada beberapa pertanyaan yang jawabannya kadang harus diperdebatkan.

Bagaimana Registrasi Kartu SIM Prabayar Untuk Anak yang Belum Memiliki KTP?

Saat ini anak SD, SMP, apalagi Sekolah Menengan Atas sebagian besar sudah mempunyai HP. Tentu saja pada setiap HP tersebut ada kartu SIM nya. Sebagai anak sekolahan yang lebih banyak didominasi belum mempunyai KTP bagaimana mereka dapat melaksanakan pendaftaran kartu SIM prabayar?

Bagi yang belum tahu, bahwa setiap warga negara Indonesia yang terdaftar semestinya sudah memilki NIK walaupun belum mempunyai KTP. NIK yang ada di KTP sama dengan NIK yang tertera di Kartu Keluarga. Dengan kata lain anak sekolah yang belum punya KTP tetap dapat pendaftaran dengan NIK yang ada di Kartu Keluarga.

Bahkan ketika ini anak yang gres lahir, ketika dibentuk Akta Kelahirannya, maka NIK anak tersebut sudah tertera di dalamnya.

Terlalu Banyak Angka Pada Kartu Keluarga, Nomor KK Itu Yang Mana Sih?

Pernahkah Anda memperhatikan kartu keluarga yang Anda miliki. Dari sekian banyak angka yang tertera, tahukah Anda Nomor KK itu yang mana?

Perhatikan gambar di bawah ini!
sumber Google.com
Menurut Anda yang manakah yang dimaksud dengan nomor KK?

Jika Anda menjawab dengan nomor satu, maka jawabannya Anda benar. Nomor KK untuk semua anggota keluarga yaitu sama. Yang berbeda yaitu NIK masing-masing anggota keluarga, yaitu yang aku beri angka merah nomor dua.

Salah seorang sobat aku menduga bahwa Nomor KK yaitu NIK yang tertera di kartu keluarga. Sehingga, ketika melaksanakan daftar ulang kartu SIM prabayar, yang ia masukkan yaitu NIK sebanyak dua kali. Akibatnya jawaban yang ia terima yaitu Format Salah.


NIK Pada KTP dan KK Berbeda, Bagaimana Ini?

Nah, hal ini juga dialami oleh sobat saya, NIK pada KTP dan pada KK berbeda pada angka terakhirnya. Makara yang mana yang benar?

Sejujurnya, aku juga pernah mengalami perubahan NIK pada angka terakhir, sebelum adanya KTP elektronik. Tapi ketika ini NIK pada KTP dan KK tidak ada perbedaan. Untuk duduk perkara yang satu ini aku sendiri belum tahu bagaimana solusinya.

Yang dapat aku sarankan yaitu coba dulu pendaftaran dengan NIK sesuai KTP, jikalau gagal, coba yang NIK yang tertera di KK.

Demikianlah cara mengetahui NIK dan Nomor KK pada Kartu Keluarga. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments

close