Penyebab Tidak Dapat Buang Air Kecil

Penyebab Tidak Bisa Buang Air Kecil - Mungkin tidak banyak masyarakat yang menyadari bahwa sebetulnya eliminasi merupakan salah satu kebutuhan paling dasar dari insan dan belahan penting dari kesehatan. Yang tergolong ke dalam eliminasi yaitu buang air besar dan buang air kecil.

Sampah metabolisme dan juga sisa masakan dan minuman yang telah diserap di dalam susukan pencernaan akan dibuang keluar dari tubuh.

 Mungkin tidak banyak masyarakat yang menyadari bahwa sebetulnya eliminasi merupakan salah Penyebab Tidak Bisa Buang Air Kecil
Penyebab Tidak Bisa Buang Air Kecil

Disini kita ambil pola buang air kecil merupakan proses eliminasi sampah-sampah metabolisme dalam bentuk cairan yang dibuang sebagai urine atau air kencing. Kandungan terbanyak dari air kencing yaitu ureum hasil metabolisme dan air tentunya.

Pada beberapa kasus dapat terjadi gangguan pemenuhan kebutuhan dasar eliminasi atau proses buang air kencing kurang lancar atau bahkan tidak dapat sama sekali.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan buang air kecil tidak lancar atau tidak dapat buang air kecil.

Dehidrasi
Kurangnya pemenuhan cairan sesuai dengan yang diharapkan oleh badan akan menjadikan dehidrasi. Beberapa tanda-tanda kekurangan cairan tubuh diantaranya penurunan elastisitas kulit, menurunnya konsentrasi dan daya ingat, termasuk berkurangnya frekuensi atau volume dari air kencing.

Ketika badan mengalami kekurangan cairan tubuh proses metabolisme di dalam badan menurun drastis, dimana air sebagai alat transportasi di dalam badan mengalami penurunan volume sehingga dampaknya penurunan filtrasi air di dalam ginjal dan jadinya yaitu produksi urin menurun.

Suhu lingkungan
Lingkungan dengan suhu udara panas dan kelembaban yang rendah dapat menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya frekuensi buang air kecil. Karena badan secara fisiologis memberlakukan perlindungan semoga Tubuh tidak cepat kekurangan cairan sehingga dilakukan reabsorbsi air di dalam tubulus ginjal.

Penyakit watu ginjal
Seperti yang kita ketahui fungsi utama dari organ ginjal yaitu melaksanakan filtrasi atau penyaringan terhadap darah untuk membuang sisa sisa sampah metabolisme. Jika ginjal mengalami dilema terbentuknya watu yang biasa disebut watu ginjal maka proses filtrasi akan terhambat dimana fatwa darah tidak optimal dan berakibat pada penurunan produksi air kencing.

Infeksi
Infeksi juga dapat terjadi pada susukan kemih yang biasa disebut ISK atau nanah susukan kemih di mana basil atau kuman penyebab nanah mengganggu proses kerja dari otot-otot susukan kemih sehingga proses buang air kecil menjadi terganggu.

Batu kantong kemih dan ureter
Tidak hanya penyakit watu ginjal dilema yang juga sering terjadi yaitu terbentuknya watu di kantong kemih. Hal ini mengakibatkan air kencing atau urin tidak dapat keluar melalui uretra.

Jika situasi ini terjadi biasanya dibarengi dengan tanda-tanda dan tanda-tanda perut menjadi buncit terasa nyeri. Untuk kasus ini harus ditangani dengan tindakan medis dari tenaga kesehatan sesegera mungkin semoga air urine tidak masuk ke atas ke belahan ginjal.

Kaprikornus itulah beberapa faktor penyebab tidak dapat buang air kecil. [Baca juga: Kenapa Penderita Penyakit Kencing Manis DM Sering Kencing]

Sekadar info pelengkap untuk melancarkan buang air kecil sebaiknya penuhi kebutuhan cairan sesuai dengan kebutuhan badan dan lebih aktif dalam melaksanakan acara fisik ibarat olahraga.

Jangan lupa untuk rutin menjaga kesehatan genital untuk menghindari tumbuhnya jamur atau basil yang dapat menjadikan terjadinya nanah susukan kemih.

Post a Comment

0 Comments

close